Boys & Girls Band Indonesia Masih Minim “Skill”!

para personil Smash Indonesia

Era 1990-an sempat menjadi eranya boyband. Awalnya boyband dari luar negeri mulai berkarya dan masuk ke ranah industri musik Indonesia. Lihat saja Backstreet Boys, New Kids On The Block, Boyzone dan lainnya. Kemudian, era boyband di Indonesia mulai tumbuh. ME, F.B.I, ME Millenium dan lainnya mulai bertebaran. Kiblatnya dulu masih ke barat. Menurut penulis, boyband era 1990-an memiliki keterampilan dan suara yang cukup bagus. Ketika itu juga, lipsing juga sangat jarang.

Berbeda dengan era 2010 hingga sekarang. Sejak boyband bernama SMASH muncul, mulailah gonjang-ganjing bangkitnya boyband di industri musik Indonesia. Namun, kini kiblatnya ialah Korea Selatan. Boyband Super Junior, 2AM, Infinite dan lainnya merupakan salah satu contohnya. Bagus memang, tapi kenapa harus dalam berkarya boyband Indonesia saat ini terlihat kurang kreatif? kemampuan breakdance dan menghibur bisa dibilang oke lah, tapi kenapa dalam vokal terlalu sering lipsing? Mungkin akhir-akhir ini kita tahu kalau SMASH semakin baik dalam bernyanyi (meskipun masih suka lipsing juga, tapi sudah berkurang), kemudian ada lagi XOIX yang entah bagaimana bacanya malah sering lipsing.

Mungkin bukan hanya penulis saja yang memikirkan nasib industri musik Indonesia yang kini perlahan dikuasai boyband-boyband Indonesia. Kemudian muncul juga Girls band yang semakin banyak saja. 7 Icons yang hingga kini lagunya masih itu-itu saja, Cherry Belle yang katanya masih lebih baik dari 7 Icons hingga girlband yang berisikan janda!

Mungkin segitu dulu yang bisa saya ungkapkan sebagai penulis. terima kasih.

About hipyourhop

Just check my twitter

Posted on September 18, 2011, in Music, Music News and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a comment